Memiliki ruang tidur yang bersih dapat membuat Anda lebih sehat. Dengan membersihkan ruang Anda dari debu, bakteri, dan hal lain yang dapat menyusup ke tempat tidur Anda. Kami telah mengumpulkan tujuh tips yang dapat dengan mudah Anda terapkan ke dalam rutinitas Anda untuk memastikan kamar tidur Anda selalu bersih dan sehat.

Ganti sprei berkala

Idealnya, ganti sprei kamar tidur Anda setidaknya seminggu sekali. Cuci dengan air panas untuk memastikan tidak ada tungau tersisa. Suhu yang tepat untuk mencuci sprei adalah seKitar 54 derajat Celsius.

Cuci Bersih Karpet Anda

Apabila Anda menggunakan karpet di kamar tidur Anda, sebaiknya hindari yang menempel dari dinding ke dinding. Selain itu, pastikan selalu melakukan vakum dan mencuci karpet agar tidak menjadi tempat persembunyian tungau juga.

Periksa alergen dari hewan peliharaan

Apabila di rumah ada hewan peliharaan, Anda perlu tahu bahwa tak hanya bulu binatang saja yang bisa menyebabkan alergi, tapi juga dari air liur mereka. Untuk itu, pastikan meminimalisir interaksi hewan peliharaan di kamar tidur. Merawat dengan memandikan hewan peliharaan secara teratur juga penting untuk mengurangi risiko alergi.

Jenis alergen yang paling mengkhawatirkan di kamar tidur adalah tungau dan bulu binatang. Mengapa penting memastikan kamar tidur Anda bebas alergi? Karena di ruangan itulah Kita menghabiskan waktu setidaknya 8 jam tanpa jeda untuk beristirahat di malam hari.

Letakkan Baju kotor di ruangan berbeda

Sebisa mungkin, biasakan untuk tidak meletakkan baju kotor terutama yang lembap di ruangan tertutup. Idealnya, meletakkan baju kotor sebaiknya di ruangan dengan ventilasi terbuka dan bukan di dalam kamar. Jadi pastikan untuk membiasakan diri Anda  setiap hari.

Ventilasi / sirkulasi udara yang baik

Pastikan kamar tidur memiliki ventilasi yang baik dan juga mendapatkan sinar matahari secara langsung. Alergen dalam ruangan seperti tungau dan jamur mudah tercipta dari ruangan yang lembap. Selain itu, pastikan tidak ada residu rokok atau third hand smoke ke dalam kamar karena bisa menempel di semua perabotan di kamar mereka.

Keluar dari kamar tidur Anda

Cara lain untuk menjaga kebersihan kamar tidur Anda yaitu dengan mengurangi lalu lintas kaki ke kamar Anda. Anda tidak harus sepenuhnya tetap keluar dari kamar tidur Anda di siang hari, tetapi sebaliknya, Hindari duduk atau berbaring di tempat tidur Anda ketika Anda tidak tidur, terutama jika sedang menggunakan  sepatu atau pakaian jalan.

Otak Kita mengasosiasikan tempat tidur dengan rasa lelah. Jika Kita melakukan hal lain di atasnya saat siang hari, seperti membaca atau bermain di ponsel, otak Kita tanpa Kita sadari akan berfikir bahwa Kasur bukanlah lagi tempat untuk beristirahat . Hal ini akan membuat Kita lebih sulit untuk tidur dan mendapatkan istirahat yang tubuh Kita perlukan di malam hari.

Pilih perabotan

Untuk kamar tidur, sebisa mungkin pilih perabotan yang mudah dibersihkan. Bahannya bisa dari kayu, metal, atau plastik. Hindari perabotan dengan permukaan lembut yang bisa menjadi tempat tungau.

Tentu perlu kerja sama dari semua anggota keluarga di rumah untuk menjaga agar kamar tidur bebas alergi. Setiap orang tentunya berbeda, untuk itu ketahui apa alergen yang paling sensitif terhadap mereka dan sebisa mungkin jaga agar kamar tidurnya bebas alergen.

Mulailah kebiasaan hidup bersih pada setiap orang yang tinggal di rumah. Mulai dari melepas sepatu di luar dan tidak membawa masuk ke dalam, selalu mencuci tangan di air mengalir selepas beraktivitas, hingga tidak membawa pakaian atau tas yang terkena udara luar langsung ke dalam kamar tidur.

Tak kalah penting, selalu bersihkan kamar tidur dan seluruh bagian dari rumah Anda secara berkala. Periksa sudut-sudut yang kerap terabaikan atau tak terlihat untuk memastikan tidak menjadi tempat persembunyian tungau dan alergen lainnya.